Senin, 26 April 2010

String gitar


Artikel ini dirancang untuk memberikan semua informasi dasar yang perlu kamu ketahui tentang berbagai jenis string gitar akustik dan listrik. Kita akan berbicara tentang alat pengukur string, tipe string akustik, tipe string listrik, string berlapis, tali nilon, flatwound vs roundwound, bahan string dan perbedaan dalam nada dan banyak lagi.

Mudah-mudahan kamu menggunakan pelajaran ini untuk belajar secara otodidak berbagai jenis string dan bahkan mungkin menggunakan beberapa jenis string untuk bereksperimen dengan nada gitar pribadimu.


String pengukur

Sekilas – The Gauge dari string hanyalah string yang tebal. Hal ini biasanya diukur dalam perseribu inci. Biasanya satu set string akan diberi nama setelah ketebalan dari 1 atau set string tertipis. Kamu mungkin pernah dengar beberapa orang mengatakan mereka pakai ” 10’s. Berarti mereka menggunakan satu set string 010 dari tebal inci.

Akustik – string gitar akustik biasanya 1 set dari 010 -. 013. Pengukur yang paling umum yang dianggap ringan 012. Apa pun yang ringan dari 012 dianggap cahaya ekstra atau cahaya. Biasanya, string akustik terberat kalo kamu akan melihat 013 ukuran medium.

Akustik – senar tebal mengeluarkan suara penuh dan keras tapi mereka lebih sulit untuk dimainkan. Bagus kalau kamu membutuhkan nada yang benar-benar tebal atau membutuhkan banyak volume dari gitar akustikmu. Menggunakan string gauge yang lebih tipis bisa membuatmu lebih mudah bermain gitar, tapi kamu harus mengorbankan beberapa nada dan volume.

Listrik pengukur – alat pengukur string gitar listrik biasanya berkisar dari.008 -. 013. Kamu bisa menemukan lebih tebal dari 013 tetapi biasanya set flatwound untuk gitar bariton. Biasanya kamu akan menemukan string .009 atau .010 pada gitar listrik. gitar Jazz biasanya memiliki set flatwound yang lebih tebal.

Poros Listrik, string tebal gauge lebih lengkap suaranya tapi mereka agak sulit untuk dimainkan, seperti pada akustik. Jika kamu pengen memiliki nada lunak mungkin kamu bisa pakai string tebal pada gitar listrikmu. String gauge tebal juga bagus jika kamu menurunkan lagu gitarmu. Pakai string gauge yang lebih tipis akan lebih mudah untuk memainkan bermain gitar, tetapi kamu harus mengorbankan beberapa nada dan string akan merasa sedikit lemas.

String Akustik : Perunggu vs Fosfor

Perunggu
String gitar akustik perunggu biasanya warnanya sangat cerah jika disbanding string fosfor. Mereka juga berwarna emas, sementara string fosfor punya warna sedikit merah atau warna tembaga kepada. Perunggu terbuat dari tembaga dan timah 90% 10%. Biasanya, string gitar perunggu terbuat dari 80% tembaga dan 20% timah. Perunggu lebih lembut dari baja tapi penolakan korosinya cukup baik, terutama di sekitar air, garam atau iklim yang lembab.

Merek – D’Addario, Martin, Ernie Ball, Elixir, Cleartone, Pearse John, GHS, Dean Markley, DR, Fender, Diamond Black.
Sejarah dan Penggunaannya – Ditemukan sekitar abad 4 SM (setelah Masehi). Digunakan untuk peralatan ubin, perlengkapan perahu dan cymbal.
Biasanya perpaduan 90% Tembaga dan Timah 10%.
warna sedikit lebih terang daripada string .

Perunggu fosfor
String Perunggu fosfor gitar akustik warnanya sedikit lebih cerah dan lebar dari string perunggu biasa. Banyak pemain berpikir ini bisa membuat mereka lebih baik untuk memetik jari. Mereka juga memiliki warna sedikit lebih merah atau warna tembaga. fosfor perunggu biasa tapi punya sedikit tambahan fosfor didalamnya. Hal ini menjaga logam dari oksidasi atau korosi dengan cepat.

Merek – D’Addario, Martin, Ernie Ball, Elixir, Cleartone, Pearse John, GHS, Dean Markley, DR, Fender, Diamond Black.
Tembaga 90%, 10% Tin dan sejumlah kecil Fosfor.
Suara Sedikit lebih hangat dan kuat dari string perunggu biasa.
String Elektrik: Nikel Disepuh, Stainless, Nikel Murni

Berlapis nekel
string berlapis nikel mungkin jenis yang paling umum dari string gitar listrik yang digunakan saat ini. Gulungan pada string tebal terbuat dari baja berlapis nikel. String Baja sangat bagus untuk magnet di dalam pickup, sedangkan nikel membantu mengimbangi suara terang baja. nikel juga membantu menjaga tali agar tetap halus dan melindunginya dari korosi. Nikel agak sedikit lebih lembut daripada baja sehingga nikel atau string berlapis nikel tidak akan memakai frets secepat string stainless steel.

Merek – D’Addario, Dunlop, Ernie Ball, Elixir, Cleartone, GHS, Dean Markley, DR, Fender, Gibson, Rotosound.
Suara Berat tapi seimbang. nikel lebih lembut itu keluar dari suara baja yang sedikit memberi nada cerah tapi seimbang.

Nikel Murni
string nikel Murni lebih lembut dan hangat terdengar, itu berasal dari stainless atau string berlapis nikel. Jika kamu memainkan blues, jazz atau rock klasik Mungkin kamu sangat menyukai suara yang lebih tebal dari string nikel murni. Nikel cukup baik melawan korosi dan merupakan logam besar bagi magnet di pickup.

Merek – D’Addario, DR, Ernie Ball, Fender, Gibson, GHS, Thomastik.
Suara lebih hangat dan lebih lembut daripada Disepuh stainless Steel.
Biaya Lebih mahal disbanding string flatwound.

Baja tak berkarat
string baja stainless terang dan paling tajam terdengar dari semua string gitar listrik. Juga bisa dimainkan lama dan tetap terang karena kemampuan baja tahan karat yang melekat untuk melawan korosi. Stainless steel tak sedikit berbeda dari string gitar listrik lainnya. Beberapa pemain mengatakan bahwa rasanya sedikit kering atau tak licin seperti nikel atau string berlapis nikel. Baja stainless merupakan logam cukup sulit tapi jika kamu ingin suara yang lebih cerah itu adalah cara yang baik.

Merek – D’Addario, Dean Markley, DR, Dunlop, Ernie Ball, Fender, GHS, Rotosound.
Paduan Steel dengan kromium dan Nikel.
Suara Sedikit lebih terang dari string berlapis nikel dan sedikit lebih terang dari string Nikel murni..

Dilapisi vs Non-Dilapisi

String dilapisi
Dilapisi sengatan diperlakukan semacam anyaman atau “lapisan” yang mencegah string dari oksidasi, korosi dan kotoran. Ini bisa membantu string mengeluarkan suara yang baru dan cerah untuk jangka waktu yang lama. String dilapisi cukup sedikit lebih mahal daripada string non dilapisi, sekitar dua kali lipat, tetapi jika benci mengubah string gitar karena biaya yang besar. Aku menemukan bahwa string dilapisi umumnya cerah dan segar dan sekitar tiga kali lebih lama dari string yang tidak dilapisi. String dilapisi merupakan pilihan bagus jika kamu punya kimia korosif, banyak bermain atau tinggal di tempat dengan kelembaban tinggi.

Merek – D’Addario, Cleartone, Dean Markley, DR, Elixir, Ernie Ball, GHS, Rotosound, Sevilla.
Pelapisan – Polimer.

String Non-Dilapisi
String Non dilapisi sedikit lebih murah dari string dilapisi tetapi mereka longgar kecerahan mereka jauh lebih cepat.

Merek Common – D’Addario, Diamond Black, Dean Markley, DR, Dunlop, Ernie Ball, Fender, Gibson, GHS, Pearse John, Martin, Rotosound, Thomastik.

Nilon

Ketegangan
Sengatan Nylon diukur dengan ketegangan, bukan seribu inci seperti string logam. Ada tiga tingkatan umum ketegangan untuk string nilon: Normal, Hard dan Extra Hard. ketegangan normal sangat mudah untuk dimainkan tapi mereka juga bisa memainkan jenis musik keras.

ketegangan tali nilon cenderung tahan terhadap jenis musik keras atau cepat tapi ketegangan bisa lebih sulit di jarimu. ketegangan ekstra keras umumnya untuk musik sangat cepat atau keras. Mereka merasa jauh lebih ketat daripada satu set string nilon ketegangan normal. Banyak pemain musik keras menggunakan string tegangan ekstra-keras.

Roundwound vs Flatwound

Roundwounds
string Roudwound adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka gambar string gitar khas. Jika sebuah string roundwound yang berarti bahwa lebih tebal berkelok-kelok pada tiga atau empat senar bulat. Jenis ini seperti klip kertas berkelok-kelok dan klip kertas yang diluruskan. string Roundwound lebih terang dari string flatwound.

Flatwounds
string Flatwound yang hangat dan agak sedikit lunak dari string roundwound. Itulah sebabnya flatwounds biasanya digunakan untuk jazz dan beberapa jenis musik blues.

Gulungan pada string tidak bulat namun datar. Itulah yang membuat suara begitu lembut. Anggap saja mengambil beberapa pita lebar dan membungkusnya di sekitar gulungan karton bekas sampai kertas kado. Flatwound string umumnya bertahan lebih lama daripada string roundwound karena bisa ada sedikit kotoran yang melekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar